~BAHAYA ES BALOK ( Mungkin Khusus di Indonesia )~


ES BALOK?? NO WAY!!

Es balok atau es pengawet ikan adalah jenis es yang paling umum terdapat di warung minum or resto jajanan pinggir jalan bahkan ada juga di restoran2 di Indonesia, khususnya Jakarta. Do u know kalau es balok ini dibuat dari air mentah?? Bukan hanya air Mentah tapi lebih tegasnya adalah Air Sungai !! Kebayang ga kaya apa bakteri di dalam es itu?

Masih belum bikin bulu kuduk merinding so far?
Lanjut deh...

Kalau masih ingat tayangan investigasi di Trans TV mengenai es balok ini, produsen es balok yang distribusi penjualannya di Jakarta ternyata menggunakan......... AIR KALI CILIWUNG!! (OMG)

Jadi proses pembuatannya kurang lebih kaya gini: air kali ciliwung, tanpa dimasak pastinya, dikasih kaporit berulang kali sampai airnya keliatan bening, ingat ya...cuma keliatan, setelah itu langsung didinginkan dan dicetak....dan jadilah...

es balok segar tapi penuh bakteri!!

Mereka mencoba mengambil sampel secara acak di beberapa penjual yang menggunakan es ini pada aneka minuman yg mereka jual, dan kemudian mengetesnya di laboratorium, terbukti dalam es itu mengandung bakteri E-COLI jauh diatas batas normal (10.000 - 20.000 per 100 ML). Dengan kata lain es ini mengandung bakteri hampir setara dengan (maaf) kotoran manusia. Huekk..

Anda suka meminum minuman dingin dari restoran siap saji ? Mulai sekarang Anda harus berhati-hati karena lewat penelitian telah terbukti banyak es batu yang disediakan restoran , warung2 dan penjaja pinggir jalan itu berasal dari es balok ( yg sebenarnya Bukan utk dicampur dalam Makanan ) , karena mengandung lebih banyak kuman daripada air toilet. Ihh... Apakah Anda kerap merasa kurang nyaman menggunakan air yang berada di kamar mandi umum? Tentunya Anda tak bisa menjamin kebersihan air tersebut bukan? Nah... Es Balok bisa jadi lebih Kotor dari air tersebut . Tapi apakah Anda pernah berpikir dari mana asal air yang dibekukan menjadi es batu di restoran dan warung2 itu? Sepertinya Anda harus mengubah anggapan bahwa es batu yang berasal dari restoran dan warung2 itu aman untuk dikonsumsi. Sebuah penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa 70% es batu restoran , warung2 dan penjaja pinggir jalan memiliki banyak kuman dibandingkan air toilet, so...waspadalah !!! Hiiiiii .... JIJAY...

Bakteri yang mutlak pasti ada di es balok adalah Escherichia coli atau E. coli.

Ada beberapa jenis E. coli yang umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

1. E. coli Enteropatogenik
Tidak membahayakan pada sebagian orang dewasa tetapi sering kali menyebabkan diare pada bayi. Mungkin ditularkan melalui air yang digunakan untuk mencuci botol. Karenanya, botol susu bayi sebaiknya direbus setelah dicuci untuk mencegah diare.

2. E. coli Enteroinvasif
Cukup membahayakan karena dapat menyebabkan penyakit disentri. Biasanya ditandai dengan tinja yang mengandung darah.

3. E. coli Enterotoksigenik
Banyak menyebabkan diare pada para pelancong (travelers diarrhea). Bakteri ini tidak terlalu membahayakan.

4. E.coli Enterohemoragik
Bakteri yang sangat berbahaya. Dalam penelitian Dewayanti-Hariyadi-et.al, 2001, dinyatakan bakteri ini hidup dalam daging giling mentah.

Peneliti lain juga menemukannya pada air limbah rumah potong ayam atau air kali.

Guys, mungkin ada yang baca artikel ini and mikir, ah gua minum es balok selama ini tapi ga mati tuh...

Well, jawaban saya cuma satu: belum!

Cuma ada satu manfaat es balok yang Bukan Food Grade yaitu untuk pengawet ikan, makanan, buah dan sayur ditempat yg Tidak ada sistim pendinginnya .

So, kecuali penyakit diare kronis adalah gaya hidup dan hobby baru anda, sebaiknya hindari konsumsi es balok mulai sekarang, gunakan hanya es batu Food Grade dan higienis .

Sedangkan es yang benar untuk makanan adalah es yang dibuat dari air tawar yang bersih dan khusus utk Food Grade , biasanya dibuat oleh pabrik es khusus utk makanan yg biasanya dibuata dalam bentuk kubus maupun bulat2 serta berlubang ditengahnya..

Note : dibawah ini kami berikan sebuah Link berita mengenai es balok ;

http://nasional.kompas.com/read/2008/09/23/13543619/es.balok.bukan.untuk.diminum.

Semoga anda bisa lebih berhati-hati kalau akan minum es .

Sebaiknya kita Tidak meminum es setelah makan , apalagi sehabis menyantap makanan

yang berlemak krn itu juga akan membuat pencernaan anda bekerja lebih keras serta bisa membuat makanan tsb menjadi beku diperut anda.

Salam .
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

4 Juli 2015 pukul 01.13

teriamakasih banyak, sangat menarik sekali pembahasannya...

Posting Komentar

Google translate

 
Support : Creating Website | Be Smart and Healthy | Be Smart and Healthy
Copyright © 2011. Be Smart-Be Healthy - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Be Smart and Healthy
Proudly powered by Blogger