Tip Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh adalah kemampuan fisik untuk menangkal semua jenis kuman,virus,parasit yang akan masuk ke dalam tubuh. Bila daya tahan tubuh baik, tubuh akan selalu sehat, sebaliknya, bila daya tahan tubuh menurun, kuman mudah masuk, sehingga gampang sekali terserang penyakit. Daya tahan tubuh setiap orang berbeda-beda, bahkan pada orang yang samapun untuk waktu yang berbeda daya tahannya berbeda pula. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga agar daya tahan tubuh kita tetap terjaga agar terhindar dari serangan penyakit.

Untuk itu anda harus dapat mensiasati dengan :



1.Mengkonsumsi makanan bergizi, Makanan bergizi sangat dibutuhkan tubuh, makanan bergizi adalah makanan yang cukup mengandung unsur karbohidrat, lemak, protein, mineral dan unsur lain / susu. Bila makanan yang dimakan setiap hari tidak bergizi, tubuh akan lemas. Hal itu membuat daya tahan menurun. Sebaliknya, bila makanan yang dimakan selalu bergizi, maka daya tahan tubuh prima, dan tubuh selalu bugar. Karena itu, usahakan salalu makan bergizi, yaitu empat sehat lima sempurna.
2. Istirahat cukup, Rutinitas kerja yang padat membuat seseorang terkadang kurang istirahat. Misalnya saja, berangkat kerja jam 6 pagi, baru tiba di rumah jam 12 malam. Rutinintas kerja seperti itu atau sering begadang hingga larut malam, kurang baik. Salah satu dampak kurang istirahat adalah penurunan daya tahan tubuh. Untuk itu, agar daya tahan tubuh baik, istirahatlah yang cukup. Kebutuhan tidur, orang dalam sehari sekitar 8 jam.

3. Lakukan Olahraga secara teratur, Semua orang tahu manfaat olahraga. Dengan olahraga teratur, fisik kita semakin baik. Jika fisik baik, tentu daya tahan tubuh juga akan baik. Karena itu, lakukan olahraga teratur. Ketika berolahraga lakukan dengan serius hingga bercucuran keringat. Jenis olahraga sesuaikan kamampuan tubuh masing-masing. Misalnya senam, lari, tenis, sepak bola. Idealnya olahraga dilakukan 3 kali dalam seminggu.

4. Hindari pikiran berat, Pikiran berat sangat mempengaruhi psikologis seseorang. Dalam kondisi pikiran yang berat, orang akan malas beraktivitas, nafsu makan menurun, sulit tidur, dan mudah emosi. Kondisi seperti itu, bila terus dibiarkan akan menurunkan daya tahan tubuh. Karena itu, hindari pikiran beras, kalaupun memang ada masalah rumit, segera carikan jalan keluar.

5. Minum vitamin, Untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan gizi bagi tubuh, tidak ada salahnya minum vitamin setiap hari. Sekarang ini banyak tersedia vitamin yang telah dikemas sedemikian rupa sehingga praktis dalam penggunaannya. Hanya, jangan salah pilih, pilihlah vitamin yang manfaatnya benar-benar telah teruji.
Share this post :

Posting Komentar

Google translate

 
Support : Creating Website | Be Smart and Healthy | Be Smart and Healthy
Copyright © 2011. Be Smart-Be Healthy - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Be Smart and Healthy
Proudly powered by Blogger